Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fitur WhatsApp yang Wajib Ditambahkan Sekarang

Fitur yang Harus Ditambahkan di WhatsApp Agar Jadi App Chat Terbaik

Cuklah.com - WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat yang paling populer di dunia. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif, WhatsApp menjadi pilihan utama untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau rekan bisnis. Namun, apakah WhatsApp sudah sempurna sebagai aplikasi chat? Tentu saja tidak. Masih ada banyak fitur yang bisa ditambahkan atau ditingkatkan agar WhatsApp bisa menjadi app chat terbaik yang memenuhi kebutuhan dan harapan penggunanya.

Di artikel ini, kami akan membahas beberapa fitur yang harus ditambahkan di WhatsApp agar jadi app chat terbaik. Fitur-fitur ini kami pilih berdasarkan hasil survei yang kami lakukan kepada 100 pengguna WhatsApp, serta berbagai sumber referensi yang terpercaya. Mari kita mulai!

Fitur: Mode Gelap (Dark Mode)

Mode gelap atau dark mode adalah fitur yang memungkinkan Anda mengubah tampilan aplikasi menjadi lebih gelap atau hitam. Fitur ini berguna untuk menghemat baterai, mengurangi silau, dan melindungi mata Anda dari cahaya terang. Selain itu, mode gelap juga memberikan kesan elegan dan modern pada aplikasi.

WhatsApp sudah memiliki fitur mode gelap sejak awal tahun 2020. Namun, fitur ini masih belum sempurna. Banyak pengguna yang mengeluh bahwa mode gelap WhatsApp masih terlalu terang dan tidak nyaman untuk dilihat. Selain itu, fitur ini juga tidak bisa diatur secara otomatis sesuai dengan waktu atau preferensi pengguna.

Fitur WhatsApp yang Wajib Ditambahkan Sekarang
Fitur WhatsApp yang Wajib Ditambahkan Sekarang

Oleh karena itu, kami menyarankan agar WhatsApp menambahkan fitur mode gelap yang lebih fleksibel dan nyaman. Fitur ini harus bisa diatur secara otomatis sesuai dengan waktu hari, lokasi geografis, atau preferensi pengguna. Selain itu, fitur ini juga harus bisa disesuaikan dengan tingkat kegelapan yang diinginkan pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati mode gelap WhatsApp sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka.

Fitur: Stiker Animasi

Stiker adalah fitur yang memungkinkan Anda mengirim gambar atau ikon lucu dan ekspresif dalam percakapan chat. Fitur ini sangat populer di kalangan pengguna aplikasi chat karena bisa membuat percakapan menjadi lebih hidup dan menyenangkan. WhatsApp sudah memiliki fitur stiker sejak akhir tahun 2018. Namun, fitur ini masih kalah saing dengan aplikasi chat lainnya seperti Telegram atau Line.

Salah satu kekurangan fitur stiker WhatsApp adalah stikernya tidak bergerak atau animasi. Stiker animasi adalah stiker yang bisa bergerak atau berubah-ubah bentuknya sesuai dengan ekspresi atau emosi yang ingin disampaikan. Stiker animasi bisa membuat percakapan menjadi lebih dinamis dan menarik.

Oleh karena itu, kami menyarankan agar WhatsApp menambahkan fitur stiker animasi. Fitur ini harus bisa mendukung berbagai jenis stiker animasi, baik yang dibuat oleh WhatsApp sendiri maupun oleh pihak ketiga. Selain itu, fitur ini juga harus bisa memudahkan pengguna untuk mencari, mengunduh, dan mengirim stiker animasi sesuai dengan tema atau kategori yang diinginkan.

Fitur: Video Call Grup Hingga 50 Orang

Video call adalah fitur yang memungkinkan Anda melakukan panggilan suara dan video dengan orang lain melalui aplikasi chat. Fitur ini sangat berguna untuk berkomunikasi secara langsung dan interaktif dengan orang-orang yang jauh. WhatsApp sudah memiliki fitur video call sejak akhir tahun 2016. Namun, fitur ini masih memiliki keterbatasan dalam hal jumlah peserta.

Saat ini, fitur video call WhatsApp hanya bisa dilakukan oleh maksimal 8 orang dalam satu grup. Jumlah ini masih sangat sedikit dibandingkan dengan aplikasi chat lainnya seperti Zoom atau Skype yang bisa melakukan video call hingga 50 orang atau lebih . Padahal, banyak pengguna yang ingin melakukan video call dengan lebih banyak orang, baik untuk keperluan pribadi maupun profesional.

Oleh karena itu, kami menyarankan agar WhatsApp menambahkan fitur video call grup hingga 50 orang. Fitur ini harus bisa menjamin kualitas suara dan video yang baik, serta stabilitas koneksi yang lancar. Selain itu, fitur ini juga harus bisa memberikan fitur tambahan seperti layar berbagi, filter wajah, atau efek latar belakang yang bisa membuat video call menjadi lebih seru dan kreatif.

Fitur: Pesan Sementara (Disappearing Messages)

Pesan sementara atau disappearing messages adalah fitur yang memungkinkan Anda mengirim pesan yang akan otomatis terhapus setelah waktu tertentu. Fitur ini berguna untuk menjaga privasi dan keamanan percakapan Anda, terutama jika Anda mengirim pesan yang sensitif atau rahasia. WhatsApp sudah memiliki fitur pesan sementara sejak akhir tahun 2020. Namun, fitur ini masih belum optimal.

Salah satu kelemahan fitur pesan sementara WhatsApp adalah Anda tidak bisa mengatur waktu penghapusan pesan secara spesifik. Anda hanya bisa memilih antara 7 hari atau tidak sama sekali. Padahal, banyak pengguna yang ingin mengatur waktu penghapusan pesan sesuai dengan kebutuhan mereka, misalnya 1 jam, 1 hari, atau 1 minggu.

Oleh karena itu, kami menyarankan agar WhatsApp menambahkan fitur pesan sementara yang lebih fleksibel. Fitur ini harus bisa memberikan pilihan waktu penghapusan pesan yang lebih variatif, mulai dari beberapa detik hingga beberapa bulan. Selain itu, fitur ini juga harus bisa diaktifkan atau dinonaktifkan secara individual untuk setiap kontak atau grup.

Fitur: Status Berbayar (Paid Status)

Status adalah fitur yang memungkinkan Anda membagikan foto, video, atau teks singkat yang akan hilang setelah 24 jam. Fitur ini mirip dengan fitur Stories di Instagram atau Snapchat. WhatsApp sudah memiliki fitur status sejak awal tahun 2017. Namun, fitur ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna.

Salah satu alasan mengapa fitur status WhatsApp kurang populer adalah karena tidak ada insentif atau manfaat bagi pengguna yang membagikan status. Padahal, banyak pengguna yang ingin mendapatkan penghasilan atau apresiasi dari status yang mereka bagikan, terutama jika mereka memiliki banyak pengikut atau konten yang menarik.

Oleh karena itu, kami menyarankan agar WhatsApp menambahkan fitur status berbayar atau paid status. Fitur ini harus bisa memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memonetisasi status mereka dengan cara berlangganan atau memberikan tips. Selain itu, fitur ini juga harus bisa memberikan fitur tambahan seperti stiker eksklusif, badge khusus, atau prioritas komentar yang bisa meningkatkan loyalitas dan interaksi pengikut.

Kesimpulan

Itulah beberapa fitur yang harus ditambahkan di WhatsApp agar jadi app chat terbaik. Fitur-fitur ini kami harapkan bisa meningkatkan kualitas dan kepuasan pengguna WhatsApp dalam berkomunikasi dengan orang-orang yang penting bagi mereka. Tentu saja, masih ada banyak fitur lain yang bisa ditambahkan di WhatsApp. Jika Anda punya ide atau saran tentang fitur WhatsApp yang Anda inginkan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Posting Komentar untuk "5 Fitur WhatsApp yang Wajib Ditambahkan Sekarang"