Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu TOEFL PBT dan Bagaimana Cara Menghadapinya?

Cuklah.com - TOEFL PBT adalah singkatan dari TOEFL Paper Based Test, yaitu tes kemampuan bahasa Inggris yang dilakukan dengan menggunakan kertas dan pensil. Tes ini biasanya diselenggarakan oleh lembaga pendidikan atau lembaga khusus yang bekerja sama dengan ETS (Educational Testing Service), penyelenggara resmi tes TOEFL. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang dalam konteks akademik atau profesional.

Mengapa Perlu Mengikuti TOEFL PBT?

Apa itu TOEFL PBT dan Bagaimana Cara Menghadapinya?
Apa itu TOEFL PBT dan Bagaimana Cara Menghadapinya?

TOEFL PBT adalah salah satu jenis tes TOEFL yang masih banyak digunakan di beberapa negara, terutama di negara-negara berkembang yang belum memiliki fasilitas internet yang memadai untuk mengadakan tes TOEFL IBT (Internet Based Test). Tes ini juga sering menjadi syarat untuk melamar pekerjaan, mendapatkan beasiswa, atau melanjutkan studi di luar negeri. Beberapa lembaga atau negara yang menerima skor TOEFL PBT antara lain adalah:

  • Australia Awards Scholarship (AAS)
  • Fulbright Scholarship
  • Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)
  • Universitas di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia Baru
  • Perusahaan multinasional seperti Google, Microsoft, dan Apple

Bagaimana Struktur dan Penilaian TOEFL PBT?

TOEFL PBT terdiri dari tiga bagian utama, yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Setiap bagian memiliki jumlah soal, waktu pengerjaan, dan skor maksimal yang berbeda-beda. Berikut adalah rincian struktur dan penilaian TOEFL PBT:

Bagian Jumlah Soal Waktu Pengerjaan Skor Maksimal
Listening Comprehension 50 soal 30-40 menit 31-68
Structure and Written Expression 40 soal 25 menit 31-68
Reading Comprehension 50 soal 55 menit 31-67
Total 140 soal 110-120 menit 310-677

Skor total TOEFL PBT adalah hasil penjumlahan dari skor masing-masing bagian. Skor ini akan dikonversi menjadi skor standar ETS yang berkisar antara 310 hingga 677. Skor standar ini akan mencerminkan tingkat kemampuan bahasa Inggris seseorang dari level low (310-343) hingga level high (627-677).

Bagaimana Cara Mempersiapkan TOEFL PBT?

Untuk mempersiapkan TOEFL PBT, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain adalah:

  • Meningkatkan kosakata bahasa Inggris dengan membaca buku, artikel, majalah, atau koran berbahasa Inggris. Catat kata-kata baru yang ditemukan dan pelajari arti dan penggunaannya.
  • Melatih kemampuan mendengarkan bahasa Inggris dengan menonton film, video, podcast, atau siaran radio berbahasa Inggris. Perhatikan intonasi, aksen, dan ekspresi pembicara. Juga perhatikan detail dan ide utama dari apa yang didengar.
  • Melatih kemampuan menulis bahasa Inggris dengan membuat rangkuman, esai, atau opini tentang topik-topik yang berhubungan dengan akademik atau profesional. Perhatikan tata bahasa, ejaan, dan struktur kalimat yang digunakan.
  • Melatih kemampuan membaca bahasa Inggris dengan membaca teks-teks akademik atau profesional berbahasa Inggris. Perhatikan tujuan penulis, gagasan utama, detail penting, dan makna kata-kata dalam konteks. Juga perhatikan cara penulis mengorganisasi teksnya.
  • Mengerjakan latihan soal TOEFL PBT dari buku-buku referensi, website, atau aplikasi. Perhatikan pola soal, jenis soal, dan strategi menjawabnya. Juga perhatikan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap bagian.
  • Mengikuti simulasi tes TOEFL PBT di lembaga kursus bahasa Inggris atau lembaga tes resmi. Simulasi ini akan membantu untuk mengukur kemampuan dan kesiapan menghadapi tes yang sebenarnya. Juga akan membantu untuk beradaptasi dengan kondisi tes yang menggunakan kertas dan pensil.

Kesimpulan

TOEFL PBT adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang dilakukan dengan menggunakan kertas dan pensil. Tes ini biasanya diselenggarakan oleh lembaga pendidikan atau lembaga khusus yang bekerja sama dengan ETS. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang dalam konteks akademik atau profesional. Tes ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Skor total TOEFL PBT berkisar antara 310 hingga 677. Untuk mempersiapkan TOEFL PBT, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain adalah meningkatkan kosakata, melatih kemampuan mendengarkan, menulis, dan membaca bahasa Inggris, mengerjakan latihan soal, dan mengikuti simulasi tes.

Posting Komentar untuk "Apa itu TOEFL PBT dan Bagaimana Cara Menghadapinya?"