Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah dan Aman Membeli Saham Luar Negeri

Cuklah.com - Saham luar negeri adalah salah satu instrumen investasi yang menarik bagi para investor Indonesia. Dengan berinvestasi di saham luar negeri, Anda bisa mendapatkan eksposur ke pasar global, diversifikasi portofolio, dan potensi keuntungan yang lebih besar. Namun, bagaimana cara membeli saham luar negeri dengan mudah dan aman? Apa saja syarat dan langkah-langkahnya? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara lengkap dan detail.

Syarat Membeli Saham Luar Negeri

Mudah dan Aman Membeli Saham Luar Negeri
Mudah dan Aman Membeli Saham Luar Negeri

Sebelum membeli saham luar negeri, Anda harus memenuhi beberapa syarat berikut:

Membuka rekening saham di broker internasional

Broker internasional adalah perusahaan sekuritas yang memiliki lisensi untuk menawarkan layanan jual beli saham di pasar modal luar negeri. Anda bisa memilih broker internasional yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, seperti biaya transaksi, jenis produk, fitur aplikasi, dan lain-lain. Beberapa contoh broker internasional yang populer di kalangan investor Indonesia adalah Schwab Mobile, Thinkorswim, Interactive Brokers, eToro, dan Ajaib.

Menyiapkan dokumen identitas diri

Untuk membuka rekening saham di broker internasional, Anda harus menyiapkan dokumen identitas diri yang masih berlaku, seperti KTP, SIM, paspor, atau kartu NPWP. Anda juga harus melampirkan bukti alamat, seperti tagihan listrik, air, atau kartu kredit dari bank asing. Dokumen-dokumen ini biasanya harus diunggah secara online atau dikirim melalui pos ke alamat broker.

Menyetor dana awal

Setelah rekening saham Anda dibuka dan diverifikasi oleh broker internasional, Anda harus menyetor dana awal untuk bisa membeli saham luar negeri. Setiap broker internasional memiliki ketentuan sendiri mengenai besaran dana awal yang harus disetor. Misalnya, Schwab Mobile meminta setoran awal sebesar $2.000 atau sekitar Rp29 juta, sedangkan eToro hanya meminta setoran awal sebesar $200 atau sekitar Rp2,9 juta. Dana awal ini bisa Anda transfer melalui bank lokal atau bank asing yang menjadi mitra broker.

Langkah-Langkah Membeli Saham Luar Negeri

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, Anda sudah siap untuk membeli saham luar negeri dengan langkah-langkah berikut:

Melakukan analisis saham

Sebelum membeli saham luar negeri, Anda harus melakukan analisis saham terlebih dahulu untuk mengetahui kinerja, prospek, dan risiko dari perusahaan-perusahaan yang ingin Anda beli sahamnya. Anda bisa menggunakan berbagai sumber informasi, seperti laporan keuangan, berita ekonomi, data pasar, grafik harga, indikator teknikal, dan lain-lain. Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh broker internasional Anda, seperti data real time, informasi dari media mitra, konsultasi dengan investment consultant³, dan lain-lain.

Memilih saham yang sesuai dengan tujuan investasi

Setelah melakukan analisis saham, Anda bisa memilih saham yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Apakah Anda ingin investasi jangka pendek atau jangka panjang? Apakah Anda ingin investasi yang berisiko tinggi atau rendah? Apakah Anda ingin investasi yang memberikan dividen atau pertumbuhan modal? Jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menentukan saham yang cocok untuk Anda.

Membeli saham melalui aplikasi broker internasional

Setelah memilih saham yang ingin Anda beli, Anda bisa membuka aplikasi broker internasional Anda dan melakukan transaksi pembelian saham. Caranya hampir sama dengan membeli saham di Indonesia, yaitu dengan memasukkan kode saham, jumlah lot, dan harga yang Anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur seperti limit order, stop loss, take profit, dan lain-lain untuk mengatur transaksi Anda. Setelah transaksi selesai, Anda bisa melihat saham yang Anda beli di portofolio Anda.

Tips Membeli Saham Luar Negeri

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membeli saham luar negeri:

Perhatikan perbedaan waktu dan mata uang

Saat membeli saham luar negeri, Anda harus memperhatikan perbedaan waktu dan mata uang antara Indonesia dan negara tempat saham tersebut diperdagangkan. Misalnya, jika Anda ingin membeli saham di Amerika Serikat, Anda harus menyesuaikan dengan waktu bursa New York Stock Exchange (NYSE) yang buka dari pukul 21.30 hingga 04.00 WIB. Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan kurs dolar Amerika terhadap rupiah yang bisa berubah-ubah setiap saat.

Pelajari aturan pajak dan regulasi

Saat membeli saham luar negeri, Anda juga harus mempelajari aturan pajak dan regulasi yang berlaku di negara tempat saham tersebut diperdagangkan. Misalnya, jika Anda membeli saham di Amerika Serikat, Anda harus membayar pajak dividen sebesar 30% dan pajak capital gain sebesar 15% kepada pemerintah Amerika Serikat. Selain itu, Anda juga harus melaporkan penghasilan dari investasi saham luar negeri kepada Direktorat Jenderal Pajak Indonesia sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Diversifikasi portofolio

Saat membeli saham luar negeri, Anda tidak boleh menaruh semua telur dalam satu keranjang. Artinya, Anda harus diversifikasi portofolio Anda dengan membeli saham dari berbagai negara, sektor, dan industri. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi risiko kerugian akibat fluktuasi pasar atau krisis ekonomi di satu negara atau sektor tertentu.

Kesimpulan

Membeli saham luar negeri adalah salah satu cara untuk berinvestasi di pasar global dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Namun, untuk membeli saham luar negeri, Anda harus memenuhi beberapa syarat, seperti membuka rekening saham di broker internasional, menyiapkan dokumen identitas diri, dan menyetor dana awal. Selain itu, Anda juga harus melakukan analisis saham, memilih saham yang sesuai dengan tujuan investasi, dan membeli saham melalui aplikasi broker internasional. Jangan lupa untuk memperhatikan perbedaan waktu dan mata uang, pelajari aturan pajak dan regulasi, dan diversifikasi portofolio Anda saat membeli saham luar negeri. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam berinvestasi di saham luar negeri dengan mudah dan aman. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis!

Posting Komentar untuk "Cara Mudah dan Aman Membeli Saham Luar Negeri"