Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Kerja Kabinet Djuanda yang Membanggakan Bangsa

Cuklah.com - Kabinet Djuanda atau Kabinet Karya adalah kabinet pemerintahan Indonesia yang bertugas pada 9 April 1957 sampai 10 Juli 1959. Kabinet ini dipimpin oleh Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai perdana menteri dan tiga wakilnya, yaitu Mr. Hardi, Idham Chalid, dan dr. Leimana.

Kabinet ini dikenal sebagai Zaken Kabinet, yang artinya kabinet yang jajarannya tidak diisi oleh partai politik tertentu, melainkan diisi oleh para ahli atau kalangan non-partai.

Hasil Kerja Kabinet Djuanda yang Membanggakan Bangsa
Hasil Kerja Kabinet Djuanda yang Membanggakan Bangsa

Kabinet Djuanda menghadapi berbagai tantangan dan masalah selama masa tugasnya, seperti pergolakan daerah, situasi ekonomi yang buruk, konflik dengan Belanda mengenai Irian Barat, dan tekanan dari kelompok militer dan komunis. Namun, kabinet ini juga berhasil mencapai beberapa prestasi yang bersejarah untuk Indonesia, antara lain:

  • Membentuk Dewan Nasional, yaitu lembaga yang bertugas untuk membantu presiden dalam mengambil keputusan penting terkait keamanan dan ketertiban nasional.
  • Menormalisasi keadaan Republik Indonesia, yaitu dengan mengembalikan otoritas pemerintah pusat atas daerah-daerah yang sempat memberontak atau menyatakan diri sebagai negara bagian sendiri, seperti Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan.
  • Melancarkan pelaksanaan pembatalan Konferensi Meja Bundar (KMB), yaitu dengan menarik kembali perjanjian yang telah ditandatangani dengan Belanda pada tahun 1949 yang mengakui kedaulatan Indonesia atas wilayahnya kecuali Irian Barat.
  • Memperjuangkan pengembalian Irian Jaya, yaitu dengan melakukan berbagai upaya diplomasi dan militer untuk merebut kembali wilayah Irian Barat dari tangan Belanda. Salah satu upaya tersebut adalah Operasi Trikora yang dilancarkan pada tahun 1958.
  • Mempercepat proses pembangunan, yaitu dengan meningkatkan produksi pertanian, industri, dan perdagangan; membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan bendungan; serta mengembangkan pendidikan, kesehatan, dan kebudayaan.

Salah satu prestasi Kabinet Djuanda yang paling terkenal adalah dicetuskannya Deklarasi Djuanda pada tahun 1957. Deklarasi ini menyatakan bahwa laut-laut di sekitar Indonesia merupakan bagian dari wilayah Indonesia yang tidak dapat dipisahkan dari daratan. Deklarasi ini kemudian menjadi dasar hukum bagi penetapan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia pada tahun 1982.

Kabinet Djuanda berakhir pada 10 Juli 1959, ketika Presiden Soekarno mengeluarkan Dekret Presiden tentang kembali ke Undang-Undang Dasar 1945 dan pembubaran parlemen. Hal ini menandai berakhirnya era demokrasi liberal dan dimulainya era demokrasi terpimpin di Indonesia.

Demikian artikel yang saya buat dengan topik Hasil Kerja Kabinet Djuanda yang Membanggakan Bangsa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan pembaca situs cuklah.com. Terima kasih.

Sumber Referensi

Kabinet Djuanda - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabinet_Djuanda

Posting Komentar untuk "Hasil Kerja Kabinet Djuanda yang Membanggakan Bangsa"