Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Samsung Galaxy S23 Ultra: Kamera 200MP Mengagumkan

Cuklah.com - Samsung baru saja meluncurkan smartphone flagship terbarunya, yaitu Galaxy S23 Ultra. Smartphone ini menawarkan spesifikasi dan fitur yang sangat mumpuni, terutama di sektor kamera. Dengan sensor utama beresolusi 200MP, Galaxy S23 Ultra mampu menghasilkan foto dan video yang luar biasa. Apa saja keunggulan dan kekurangan smartphone ini? Mari kita simak review lengkapnya berikut ini.

samsung-s23-ultra

Desain dan Layar

Galaxy S23 Ultra memiliki desain yang hampir sama dengan pendahulunya, Galaxy S22 Ultra. Smartphone ini memiliki bodi yang terbuat dari kaca Gorilla Glass Victus 2 di depan dan belakang, serta bingkai dari Armor Aluminum yang lebih kuat dan tahan gores. Smartphone ini juga tahan air dan debu dengan sertifikat IP68, serta menggunakan bahan daur ulang yang ramah lingkungan.

Smartphone ini memiliki layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6.8 inci dengan resolusi Quad HD+ dan refresh rate 120Hz. Layar ini mendukung HDR10+, memiliki kecerahan hingga 1750 nits, dan memiliki warna yang akurat. Layar ini juga dioptimalkan untuk penggunaan S Pen, stylus yang menjadi ciri khas seri Ultra. S Pen dapat disimpan di dalam slot yang tersedia di bodi smartphone.

Kamera

Salah satu fitur unggulan Galaxy S23 Ultra adalah kameranya. Smartphone ini memiliki empat kamera belakang, yaitu:

  • Kamera utama 200MP, f/1.7, 24mm (wide), dengan multi-directional PDAF, Laser AF, dan OIS. Kamera ini dapat menggabungkan 16 piksel menjadi satu untuk menghasilkan foto yang lebih terang dan detail, atau dapat mengambil foto dengan resolusi penuh 200MP untuk memberikan fleksibilitas dalam cropping dan reframing.
  • Kamera telefoto periskop 10MP, f/4.9, 230mm, dengan Dual Pixel PDAF, OIS, dan zoom optik 10x.
  • Kamera telefoto 10MP, f/2.4, 70mm, dengan Dual Pixel PDAF, OIS, dan zoom optik 3x.
  • Kamera ultrawide 12MP, f/2.2, 13mm, 120 derajat, dengan Dual Pixel PDAF dan Super Steady video.

Kamera depan smartphone ini beresolusi 12MP, f/2.2, 26mm (wide), dengan Dual Pixel PDAF. Kamera depan ini dapat merekam video 4K@30/60fps atau 1080p@30fps.

Dengan kamera-kamera ini, Galaxy S23 Ultra dapat menghasilkan foto dan video yang mengagumkan. Foto-foto yang diambil memiliki detail yang tajam, warna yang hidup, dinamika yang baik, dan noise yang rendah. Zoom optik hingga 10x juga sangat berguna untuk mengambil foto objek jauh tanpa kehilangan kualitas. Kamera ultrawide juga dapat menangkap bidang pandang yang luas dengan distorsi yang minimal.

Video yang direkam oleh Galaxy S23 Ultra juga sangat berkualitas. Smartphone ini dapat merekam video hingga resolusi 8K@24/30fps atau 4K@30/60fps dengan kamera belakangnya. Video-video ini memiliki stabilisasi yang baik berkat OIS dan Super Steady mode, serta memiliki suara stereo yang jernih berkat mikrofon berkualitas tinggi.

Performa

Galaxy S23 Ultra ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm) yang dibuat khusus untuk Samsung. Chipset ini memiliki CPU octa-core (1x3.36 GHz Cortex-X3 & 2x2.8 GHz Cortex-A715 & 2x2.8 GHz Cortex-A710 & 3x2.0 GHz Cortex-A510) dan GPU Adreno 740. Chipset ini merupakan chipset tercepat untuk smartphone Android saat ini, bahkan mengalahkan iPhone dalam hal performa grafis.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan memori internal UFS 4.0 berkapasitas mulai dari 256GB hingga 1TB, serta RAM LPDDR5 berkapasitas 8GB atau 12GB. Dengan spesifikasi ini, Galaxy S23 Ultra dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar dan tanpa hambatan.

Baterai

Galaxy S23 Ultra memiliki baterai Li-Ion berkapasitas 5000 mAh yang dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan normal. Baterai ini juga mendukung pengisian cepat 45W, pengisian nirkabel 15W, dan pengisian balik nirkabel 4.5W. Sayangnya, Samsung tidak menyertakan adaptor pengisian cepat di dalam kotak penjualan, sehingga Anda harus membelinya secara terpisah.

Software

Galaxy S23 Ultra menjalankan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1. Sistem operasi ini menawarkan fitur-fitur terbaru dari Google, seperti perizinan aplikasi yang lebih fleksibel, mode gelap yang lebih luas, dan fitur privasi yang lebih baik. Antarmuka One UI 5.1 juga menawarkan fitur-fitur eksklusif dari Samsung, seperti Samsung DeX, Samsung Wireless DeX, Samsung Pay, Samsung Health, dan lain-lain.

Salah satu fitur baru yang menarik adalah Director's View, yang memungkinkan Anda melihat tampilan dari semua kamera belakang secara bersamaan saat merekam video. Anda dapat dengan mudah beralih antara kamera-kamera tersebut untuk mendapatkan sudut yang berbeda. Anda juga dapat merekam video dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk membuat video vlog yang lebih menarik.

Kesimpulan

Galaxy S23 Ultra adalah smartphone yang sangat mengesankan. Smartphone ini memiliki desain yang elegan dan tangguh, layar yang indah dan responsif, kamera yang luar biasa, performa yang sangat cepat, baterai yang tahan lama, dan software yang kaya fitur. Smartphone ini cocok untuk Anda yang menginginkan smartphone terbaik di kelasnya tanpa kompromi.

Namun, smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, harganya sangat mahal, yaitu sekitar Rp 20 juta untuk varian termurahnya. Kedua, desainnya tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya, sehingga kurang memberikan kesan baru. Ketiga, pengisian cepatnya masih kalah dengan kompetitor lain yang sudah mencapai 65W atau bahkan 100W. Keempat, layar lengkungnya dapat mengganggu saat menggunakan S Pen atau saat mengetik di pinggir layar.

Jadi, apakah Anda harus membeli Galaxy S23 Ultra? Jika Anda memiliki anggaran yang cukup dan menginginkan smartphone dengan kamera terbaik saat ini, maka jawabannya adalah ya. Namun, jika Anda merasa harganya terlalu tinggi atau tidak membutuhkan fitur-fitur ekstra seperti S Pen atau zoom optik 10x, maka Anda dapat mempertimbangkan Galaxy S23 atau Galaxy S23 Plus yang lebih terjangkau namun tetap berkualitas.

Posting Komentar untuk "Review Samsung Galaxy S23 Ultra: Kamera 200MP Mengagumkan"