Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 3 Aspek yang Belum Sempurna di PS5

Cuklah.com - PlayStation 5 (PS5) adalah konsol game generasi terbaru dari Sony yang diluncurkan pada November 2020. PS5 menawarkan performa yang luar biasa, dengan grafis 4K, HDR, frame rate yang konsisten, dan loading speed yang sangat cepat berkat SSD-nya. Selain itu, PS5 juga memiliki fitur-fitur menarik seperti controller DualSense yang memberikan sensasi haptic feedback yang realistis, 3D Audio yang membuat suara lebih imersif, dan Ultra HD Blu-ray player yang bisa memutar film dengan kualitas tinggi.

Namun, meskipun PS5 sudah menjadi salah satu konsol game terbaik saat ini, bukan berarti tidak ada ruang untuk perbaikan. Ada beberapa aspek yang masih perlu dikembangkan oleh Sony agar PS5 bisa memberikan pengalaman gaming yang lebih optimal dan memuaskan para penggunanya. Apa saja aspek-aspek tersebut? Mari kita simak bersama.

Aspek yang Belum Sempurna di PS5
Inilah 3 Aspek yang Belum Sempurna di PS5

1. Desain Konsol

Salah satu hal yang paling mencolok dari PS5 adalah desain konsolnya yang besar dan mencolok. PS5 memiliki ukuran 16 x 4 x 10 inci (HWD), yang membuatnya lebih tinggi daripada Xbox Series X (6 x 6 x 12 inci). PS5 juga memiliki bentuk yang tidak simetris, dengan panel samping berwarna putih yang melengkung dan inti berwarna hitam yang mengkilap. Desain ini mungkin bertujuan untuk membuat PS5 terlihat futuristik dan unik, namun juga menimbulkan beberapa masalah.

Pertama

desain konsol PS5 membuatnya sulit untuk ditempatkan di media center atau rak TV. Karena ukurannya yang besar, PS5 mungkin tidak muat di beberapa tempat atau mengganggu estetika ruangan. Selain itu, PS5 juga membutuhkan stand agar bisa berdiri tegak atau berbaring di samping. Stand ini bisa menjadi tidak stabil jika konsol digerakkan sedikit saja, misalnya saat mencolokkan perangkat USB atau mengganti game.

Kedua

desain konsol PS5 membuatnya mudah terkena debu dan sidik jari. Bagian hitam mengkilap dari PS5 sangat rentan terhadap sidik jari dan goresan, sementara bagian putih mudah kotor oleh debu dan noda. Hal ini tentu saja mengurangi keindahan tampilan konsol dan membutuhkan perawatan ekstra agar tetap bersih.

Oleh karena itu, Sony perlu mempertimbangkan untuk membuat desain konsol PS5 yang lebih sederhana, kompak, dan elegan di masa depan. Desain konsol yang lebih simpel akan membuatnya lebih mudah untuk ditempatkan di mana saja tanpa mengganggu penampilan ruangan. Selain itu, desain konsol yang lebih tahan lama dan mudah dibersihkan akan membuatnya lebih awet dan nyaman digunakan.

2. Ketersediaan Game Eksklusif

Salah satu keunggulan PS5 adalah memiliki library game eksklusif yang berkualitas dan menarik. Beberapa game eksklusif PS5 yang sudah dirilis atau akan segera dirilis antara lain adalah Spider-Man: Miles Morales, Demon's Souls, Ratchet & Clank: Rift Apart, Horizon Forbidden West, God of War: Ragnarok, dan Gran Turismo 7. Game-game ini memanfaatkan fitur-fitur PS5 seperti DualSense, 3D Audio, dan SSD untuk memberikan pengalaman gaming yang luar biasa.

Namun, meskipun game eksklusif PS5 sudah cukup banyak dan bervariasi, masih ada ruang untuk penambahan genre dan judul game lainnya. Misalnya, genre game FPS (first-person shooter) masih kurang terwakili di PS5, padahal genre ini sangat populer di kalangan gamer. Selain itu, beberapa game eksklusif PS5 juga masih belum memiliki tanggal rilis pasti atau bahkan masih dalam tahap pengembangan awal.

Oleh karena itu, Sony perlu meningkatkan produksi dan distribusi game eksklusif PS5 agar bisa menarik lebih banyak minat dan loyalitas para pengguna. Sony juga perlu memperluas kerjasama dengan developer game lainnya untuk membuat game eksklusif PS5 yang lebih beragam dan inovatif. Dengan begitu, PS5 bisa menjadi konsol game yang memiliki library game eksklusif terbaik dan terlengkap di dunia.

3. Kompatibilitas dengan Game dan Aksesori PS4

Salah satu fitur yang ditunggu-tunggu oleh para pengguna PS5 adalah kemampuan untuk memainkan game dan menggunakan aksesori PS4 di konsol baru mereka. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan, karena para pengguna tidak perlu membeli game dan aksesori baru lagi untuk menikmati PS5. Selain itu, hal ini juga bisa membantu mengatasi masalah ketersediaan game eksklusif PS5 yang masih terbatas.

Namun, sayangnya, fitur kompatibilitas ini masih belum sempurna di PS5. Meskipun sebagian besar game PS4 bisa dimainkan di PS5, masih ada beberapa game yang tidak kompatibel atau mengalami masalah teknis saat dimainkan di konsol baru. Beberapa contoh game PS4 yang bermasalah di PS5 antara lain adalah Hitman 2, LittleBigPlanet 3, We Sing, Just Deal With It!, dan TT Isle of Man - Ride on the Edge 2.

Selain itu, beberapa aksesori PS4 juga tidak bisa digunakan di PS5, atau hanya bisa digunakan untuk game tertentu saja. Misalnya, controller DualShock 4 hanya bisa digunakan untuk memainkan game PS4 di PS5, tapi tidak bisa digunakan untuk game PS5. Begitu juga dengan headset VR PlayStation VR, yang hanya bisa digunakan untuk game VR PS4 di PS5, tapi tidak bisa digunakan untuk game VR PS5.

Oleh karena itu, Sony perlu meningkatkan fitur kompatibilitas PS5 agar bisa mendukung semua game dan aksesori PS4 tanpa masalah. Sony juga perlu memberikan update firmware dan patch secara berkala untuk memperbaiki bug dan glitch yang mungkin terjadi saat memainkan game atau menggunakan aksesori PS4 di PS5. Dengan begitu, para pengguna bisa menikmati semua koleksi game dan aksesori mereka tanpa harus khawatir.

Kesimpulan

PS5 adalah konsol game generasi terbaru yang menawarkan banyak fitur dan keunggulan. Namun, bukan berarti tidak ada ruang untuk perbaikan. Ada beberapa aspek yang masih perlu dikembangkan oleh Sony agar PS5 bisa memberikan pengalaman gaming yang lebih optimal dan memuaskan para penggunanya. Aspek-aspek tersebut adalah desain konsol, ketersediaan game eksklusif, dan kompatibilitas dengan game dan aksesori PS4.

Demikian artikel yang saya buat tentang aspek yang perlu dikembangkan PS5. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang konsol game terbaru dari Sony. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Inilah 3 Aspek yang Belum Sempurna di PS5"