Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wikipedia dan AI: Pandangan Jimmy Wales di Web Summit

Pendiri Wikipedia Jimmy Wales: AI Sekarang Masih Kacau, Tapi Bisa Jadi Superhuman dalam 50 Tahun

Jimmy Wales Berbagi Pandangannya tentang AI di Web Summit 2023

Cuklah.com - Jimmy Wales, pendiri Wikipedia, salah satu ensiklopedia daring terbesar dan terpopuler di dunia, berbicara tentang perkembangan dan tantangan kecerdasan buatan (AI) di Web Summit 2023, sebuah konferensi teknologi global yang diadakan di Lisbon, Portugal, pada 26-29 November 2023.

Wikipedia dan AI: Pandangan Jimmy Wales di Web Summit

Wales mengatakan bahwa AI saat ini masih dalam tahap "kacau", karena sering menghasilkan informasi yang salah, tidak relevan, atau tidak masuk akal. Ia mencontohkan ChatGPT, sebuah model AI generatif yang dapat menghasilkan teks berdasarkan input pengguna, yang dikembangkan oleh OpenAI, sebuah organisasi penelitian AI nirlaba yang didukung oleh Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX.

"ChatGPT itu sangat menyenangkan untuk dimainkan, tapi segera Anda akan menyadari bahwa itu sangat buruk untuk apa yang awalnya tampak fantastis," kata Wales.

Ia menambahkan bahwa ChatGPT sering membuat kesalahan fakta, tidak konsisten, dan tidak dapat dipercaya sebagai sumber informasi.

Jimmy Wales Memprediksi AI Akan Menjadi Superhuman dalam 50 Tahun

Meskipun demikian, Wales tidak menutup mata terhadap potensi dan kemungkinan AI di masa depan. Ia memprediksi bahwa dalam 50 tahun, AI akan mampu mencapai tingkat "superhuman", yaitu memiliki kemampuan yang melebihi manusia dalam berbagai bidang, seperti pengetahuan, kreativitas, dan emosi.

"Saya pikir dalam 50 tahun, kita akan melihat AI yang superhuman dalam banyak hal. Saya pikir itu akan menjadi sesuatu yang sangat menarik dan menantang bagi kita sebagai manusia," kata Wales.

Wales juga berharap bahwa AI akan dapat membantu manusia dalam menciptakan dan menyebarkan pengetahuan yang akurat, relevan, dan bermanfaat, seperti yang dilakukan Wikipedia. Ia mengatakan bahwa Wikipedia adalah contoh dari sebuah proyek kolaboratif yang menggabungkan kecerdasan manusia dan teknologi untuk mencapai tujuan bersama.

"Saya pikir Wikipedia adalah salah satu contoh terbaik dari bagaimana kita bisa bekerja sama dengan teknologi untuk membuat sesuatu yang luar biasa. Saya pikir itu adalah sesuatu yang harus kita pertahankan dan kembangkan," kata Wales.

Jimmy Wales Mengajak Masyarakat untuk Berpartisipasi dalam Membangun AI yang Baik

Wales juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam membangun AI yang baik, yaitu AI yang etis, transparan, dan bertanggung jawab. Ia mengatakan bahwa masyarakat harus terlibat dalam proses pembuatan keputusan tentang pengembangan dan penggunaan AI, serta mengawasi dampaknya terhadap masyarakat dan lingkungan.

"Saya pikir kita semua harus peduli tentang AI, karena itu akan mempengaruhi hidup kita dalam banyak cara. Saya pikir kita harus berusaha untuk memastikan bahwa AI yang kita buat adalah AI yang baik, yang menghormati nilai-nilai kita, hak-hak kita, dan kepentingan kita," kata Wales.

Wales juga menekankan pentingnya pendidikan dan literasi digital sebagai cara untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan masyarakat dalam berinteraksi dengan AI. Ia mengatakan bahwa masyarakat harus belajar bagaimana menggunakan, memahami, dan mengevaluasi informasi yang dihasilkan oleh AI, serta bagaimana berkontribusi dalam meningkatkan kualitas dan kebermanfaatannya.

"Saya pikir pendidikan dan literasi digital adalah kunci untuk mempersiapkan diri kita untuk masa depan dengan AI. Saya pikir kita harus belajar bagaimana menjadi konsumen yang cerdas dan produsen yang kreatif dari informasi yang dibuat oleh AI. Saya pikir itu adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita lakukan," kata Wales.

Posting Komentar untuk "Wikipedia dan AI: Pandangan Jimmy Wales di Web Summit"