Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu pesantren? dan 5 Pondok Pesantren yang ada di Purwokerto

Apa itu Pesantren?

Pesantren adalah lembaga pendidikan tradisional Islam yang ada untuk memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam (tafaqquh fiddin) dengan menekankan moral agama sebagai pedoman hidup bermasyarakat sehari-hari. Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang dilaksanakan dengan sistem asrama (pondok) dengan kiai sebagai figur utama dan masjid sebagai pusat aktivitasnya. Pesantren sejak awal pertumbuhannya memiliki bentuk yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, sehingga tidak ada standarisasi yang berlaku bagi semua pesantren. Namun begitu, dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya pesantren memiliki pola umum atau elemen umum yang menjadi ciri khasnya misalnya adanya: kiai, masjid, santri dan tempat tinggal santri (asrama), serta pengajian kitab kuning. Disamping itu ada beberapa karakteristik pesantren yang secara umum meliputi: a). tidak ada batas umur bagi seseorang untuk nyantri (belajar di pesantren), b). tidak ada batas waktu dalam pendidikan (life long education), c). tidak ada ikatan (bebas) untuk memilih pengajian kitab sesuai yang diinginkan.

Apa itu pesantren? dan 5 Pondok Pesantren yang ada di Purwokerto



Sejarah Pesantren

Sejarah munculnya pesantren oleh beberapa ahli dikatakan dimulai seiring dengan datangnya Islam ke Indonesia, tepatnya di daerah Aceh, sementara pendapat lain menyebutkan bahwa pesantren muncul pertama kali di Jawa dibawa oleh syeikh Maulana Malik Ibrahim, tepatnya di desa Gapura, Gresik, Jawa Timur. Dan tokoh yang paling dianggap berhasil mengembangkan dan mendidik generasi ulama pasa saat itu adalah Sunan Ampel yang mendirikan pesantren di Kembang Kuning, Surabaya. Hingga saat ini pendidikan pesantren telah mengalami perubahan dan dinamika yang sangat cepat seiring dengan perubahan dan perkembangan zaman, sehingga corak dan warnanya juga beraneka-ragam antara satu dengan yang lain.


Materi yang Diajarkan dalam Pesantren

Materi yang diajarkan dalam pesantren meliputi berbagai disiplin ilmu pengetahuan agama, meliputi: tauhid (teologi), tasawuf (sufisme) dan akhlak, fiqh (hukum Islam), dan bahasa Arab. Pesantren merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam yang diselenggarakan dengan cara non-klasikal, dimana seorang kiai mengajar para santrinya berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dengan bahasa Arab tanpa harakat – yang sering disebut dengan kitab gundul-- oleh para ulama’ abad pertengahan (antara abad 12-16) yang menggunakan tempat di rumah kiai, masjid, atau teras asrama.



Pondok Pesantren At Thohiriyah Karangsalam

Ponpes pertama yang ada di Purwokerto adalah At Thohiriyah yang berlokasi di daerah Karangsalam. Bagi masyarakat Purwokerto dan sekitarnya, ponpes ini tentu sudah cukup populer karena kualitasnya. Salah satu ciri khas yang mencolok dari pondok ini adalah aspek hafalan Al-Qur’annya yang bagus. Hal ini bukan tanpa alasan, karena Kyai yang ada di Pondok Pesantren At Thohiriyah, yaitu Toha Alawiy adalah seorang Hafidz Qur’an. Atas alasan itulah tidak heran jika ponpes ini sangat terkenal dengan aspek hafalan tersebut. Selain itu, kegiatan para santri pun juga sangat erat dengan Al-Qur’an dan seolah menjadi nyawa di ponpes ini. Setelah subuh selesai santri akan lanjut untuk tartilan Al-Qur’an. Bagi yang sudah hafal, maka akan menjalani sima’an. Pada sore hari, santri pun akan lanjut untuk mengaji dan selepas maghrib sampai malam hari pun demikian. Selain itu, ponpes ini juga memiliki madrasah diniyah yang selalu memulai pembelajaran pada pukul 8 malam. Sementara untuk pendidikan yang sifatnya formal akan berjalan pada pagi siang hari sampai sore hari.


Pondok Pesantren Darul Abror

Pondok pesantren di Purwokerto selanjutnya adalah Darul Abror yang terletak di daerarh Purwanegara. Pondok pesantren ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki sistem pendidikan yang sangat ketat. Hal ini dilakukan agar para santri dapat lebih fokus dalam menuntut ilmu. Selain itu, pondok pesantren ini juga memiliki program tahfidz Al-Qur’an yang sangat baik. Para santri yang mengikuti program ini akan mendapatkan beasiswa dan uang saku. Selain itu, pondok pesantren ini juga memiliki program pendidikan formal yang sangat baik. Santri yang mengikuti program ini akan mendapatkan ijazah yang diakui oleh pemerintah.


Pondok Pesantren API Al-Hidayah

Pondok pesantren API Al-Hidayah terletak di daerah Karangsuci. Pondok pesantren ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki program pendidikan yang sangat baik. Selain itu, pondok pesantren ini juga memiliki program tahfidz Al-Qur’an yang sangat baik. Para santri yang mengikuti program ini akan mendapatkan beasiswa dan uang saku. Selain itu, pondok pesantren ini juga memiliki program pendidikan formal yang sangat baik. Santri yang mengikuti program ini akan mendapatkan ijazah yang diakui oleh pemerintah.


Pesantren Darussalam Purwokerto

Pesantren Darussalam Purwokerto adalah pesantren yang terletak di daerah Karangklesem. Pesantren ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki program pendidikan yang sangat baik. Selain itu, pesantren ini juga memiliki program tahfidz Al-Qur’an yang sangat baik. Para santri yang mengikuti program ini akan mendapatkan beasiswa dan uang saku. Selain itu, pesantren ini juga memiliki program pendidikan formal yang sangat baik. Santri yang mengikuti program ini akan mendapatkan ijazah yang diakui oleh pemerintah.


Pesantren Khusus Putri Al Jamil

Pesantren Khusus Putri Al Jamil terletak di daerah Karangklesem. Pesantren ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki program pendidikan yang sangat baik. Selain itu, pesantren ini juga memiliki program tahfidz Al-Qur’an yang sangat baik. Para santri yang mengikuti program ini akan mendapatkan beasiswa dan uang saku. Selain itu, pesantren ini juga memiliki program pendidikan formal yang sangat baik. Santri yang mengikuti program ini

Posting Komentar untuk "Apa itu pesantren? dan 5 Pondok Pesantren yang ada di Purwokerto"