Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Skor Google PageSpeed Insights anda

Cara Meningkatkan Skor Google Page Speed Insights anda



Google PageSpeed Insights 


Adalah alat yang dapat membantu Anda menganalisis kinerja situs web Anda dan memberikan saran untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman. Kecepatan halaman adalah salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat pencarian Google, serta pengalaman pengguna dan tingkat konversi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa situs web Anda cepat dan responsif.


Namun, banyak orang merasa bingung atau kesulitan ketika mencoba mengoptimalkan situs web mereka berdasarkan skor Google PageSpeed Insights. Apa arti skor tersebut? Bagaimana cara meningkatkannya? Apa yang harus dilakukan jika skor Anda rendah? Dalam artikel ini, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan memberikan beberapa tips praktis untuk meningkatkan skor Google PageSpeed Insights Anda.


Apa itu Google PageSpeed Insights?


Google PageSpeed Insights adalah alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kinerja situs web Anda di perangkat seluler dan desktop. Alat ini akan memberikan skor dari 0 hingga 100 untuk setiap halaman yang Anda uji, serta laporan yang berisi metrik kinerja, saran optimasi, dan contoh visual.


Skor Google PageSpeed Insights dibagi menjadi tiga kategori:


Skor 90 atau lebih dianggap "baik".

Skor 50 hingga 89 dianggap "perlu perbaikan".

Skor di bawah 50 dianggap  "buruk".


Skor ini didasarkan pada dua metrik utama yang disebut Core Web Vitals, yaitu:


Largest Contentful Paint (LCP)

Waktu yang dibutuhkan untuk memuat konten utama halaman, seperti gambar, video, atau teks. Nilai LCP yang baik adalah kurang dari 2,5 detik.

Cumulative Layout Shift (CLS)

Jumlah pergeseran tata letak yang tidak diharapkan yang terjadi selama pemuatan halaman, seperti tombol yang bergerak atau iklan yang muncul. Nilai CLS yang baik adalah kurang dari 0,1.


Selain itu, Google PageSpeed Insights juga akan menampilkan metrik lain yang relevan, seperti:


First Contentful Paint (FCP)

Waktu yang dibutuhkan untuk memuat konten pertama halaman, seperti teks atau gambar. Nilai FCP yang baik adalah kurang dari 2 detik.

Time to Interactive (TTI)

Waktu yang dibutuhkan untuk halaman menjadi sepenuhnya interaktif, yaitu pengguna dapat mengklik, menggulir, atau mengetik. Nilai TTI yang baik adalah kurang dari 3,8 detik.

Speed Index (SI)

Waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk menampilkan konten halaman secara visual. Nilai SI yang baik adalah kurang dari 4,3 detik.

Total Blocking Time (TBT)

Jumlah waktu total di mana utas utama halaman diblokir oleh tugas yang lama, seperti JavaScript. Nilai TBT yang baik adalah kurang dari 300 milidetik.


Bagaimana Cara Meningkatkan Skor Google PageSpeed Insights Anda?


Jika Anda ingin meningkatkan skor Google PageSpeed Insights Anda, Anda perlu mengoptimalkan situs web Anda sesuai dengan saran yang diberikan oleh alat tersebut. Beberapa saran umum yang dapat Anda terapkan adalah:


Optimalkan gambar Anda

Gambar adalah salah satu elemen yang paling mempengaruhi ukuran dan kecepatan halaman. Anda dapat mengurangi ukuran file gambar Anda dengan menggunakan format yang tepat, seperti WebP atau JPEG, dan mengompresinya dengan alat seperti TinyPNG atau ImageOptim. Anda juga dapat menunda pemuatan gambar yang tidak perlu dengan menggunakan atribut `loading="lazy"` atau menggunakan teknik seperti *responsive images* atau *srcset*.


Minimalkan JavaScript dan CSS

 JavaScript dan CSS adalah dua sumber daya yang paling sering menyebabkan blok utas utama dan memperlambat pemuatan halaman. Anda dapat mengurangi dampaknya dengan meminimalkan kode Anda, yaitu menghapus spasi, komentar, dan karakter yang tidak perlu, dengan alat seperti UglifyJS atau CSSNano. Anda juga dapat menunda eksekusi JavaScript yang tidak penting dengan menggunakan atribut `defer` atau `async`, dan menghapus CSS yang tidak digunakan dengan alat seperti PurgeCSS atau UnCSS.


Gunakan caching dan CDN

Caching adalah proses menyimpan salinan sumber daya situs web Anda di server atau browser, sehingga tidak perlu dimuat ulang setiap kali pengguna mengunjungi halaman Anda. Ini dapat meningkatkan kecepatan dan menghemat bandwidth. Anda dapat mengaktifkan caching di server Anda dengan mengatur header HTTP yang sesuai, seperti `Cache-Control` atau `Expires`. Anda juga dapat menggunakan jaringan distribusi konten (CDN), yaitu layanan yang menyimpan salinan situs web Anda di server yang berbeda di seluruh dunia, sehingga pengguna dapat mengaksesnya dari lokasi terdekat. Beberapa CDN populer adalah Cloudflare, Akamai, atau Amazon CloudFront.


Optimalkan font web Anda

 Font web adalah font yang diunduh dari internet untuk menampilkan teks di situs web Anda. Font web dapat meningkatkan estetika dan keterbacaan situs web Anda, tetapi juga dapat memperlambat pemuatan halaman jika tidak dioptimalkan. Anda dapat mengoptimalkan font web Anda dengan menggunakan format yang efisien, seperti WOFF2 atau WOFF, dan membatasi jumlah font dan gaya yang Anda gunakan. 

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Skor Google PageSpeed Insights anda"