Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Libur nasional dan cuti bersama tahun 2024

Cuklah.com - Libur nasional dan cuti bersama tahun 2024 sudah ditetapkan oleh pemerintah. Ada 27 hari libur yang bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat, bersantai, atau berwisata. Apa saja tanggal merahnya dan bagaimana tips liburan yang hemat dan menyenangkan?

Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024

Pemerintah telah mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri tentang libur nasional dan cuti bersama tahun 2024. SKB ini ditandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada September 2023

Berikut ini daftar lengkap libur nasional dan cuti bersama tahun 2024:

Tanggal Hari Keterangan
1 Januari Senin Tahun Baru Masehi
8 Februari Kamis Isra Mi'raj
9 Februari Jumat Cuti Bersama Tahun Baru Imlek
10 Februari Sabtu Tahun Baru Imlek
11 Maret Senin Hari Suci Nyepi
12 Maret Selasa Cuti Bersama Hari Suci Nyepi
29 Maret Jumat Wafatnya Isa Almasih
31 Maret Minggu Paskah
8 April Senin Cuti Bersama Idul Fitri
9 April Selasa Cuti Bersama Idul Fitri
10-11 April Rabu-Kamis Hari Raya Idul Fitri
12 April Jumat Cuti Bersama Idul Fitri
15 April Senin Cuti Bersama Idul Fitri
1 Mei Rabu Hari Buruh
9 Mei Kamis Kenaikan Isa Almasih
10 Mei Jumat Cuti Bersama Kenaikan Isa Almasih
23 Mei Kamis Hari Raya Waisak
24 Mei Jumat Cuti Bersama Hari Raya Waisak
1 Juni Sabtu Hari Lahir Pancasila
17 Juni Senin Hari Raya Idul Adha
18 Juni Selasa Cuti Bersama Idul Adha
7 Juli Minggu Tahun Baru Hijriah
17 Agustus Sabtu Hari Kemerdekaan RI
16 September Senin Maulid Nabi Muhammad SAW
25 Desember Rabu Hari Natal
26 Desember Kamis Cuti Bersama Hari Natal

Tips Liburan yang Hemat dan Menyenangkan

Dengan banyaknya libur nasional dan cuti bersama tahun 2024, Anda tentu ingin memanfaatkannya untuk berlibur bersama keluarga, teman, atau pasangan. Namun, liburan tidak harus menguras kantong Anda. Berikut ini beberapa tips liburan yang hemat dan menyenangkan:

  • Rencanakan liburan Anda jauh-jauh hari. Cari informasi tentang destinasi, akomodasi, transportasi, dan biaya-biaya lain yang dibutuhkan. Buat anggaran liburan Anda dan sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.
  • Manfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh berbagai penyedia jasa perjalanan, seperti maskapai, hotel, agen wisata, dan lain-lain. Anda bisa mencari promo dan diskon melalui internet, media sosial, atau aplikasi-aplikasi khusus. Biasanya, promo dan diskon lebih banyak tersedia jika Anda memesan jauh-jauh hari.
  • Pilih destinasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda. Jika Anda suka alam, Anda bisa memilih destinasi yang menawarkan keindahan alam, seperti pantai, gunung, danau, atau hutan. Jika Anda suka budaya, Anda bisa memilih destinasi yang memiliki nilai sejarah, seni, atau tradisi yang kaya, seperti candi, museum, atau desa wisata. Jika Anda suka belanja, Anda bisa memilih destinasi yang memiliki pusat perbelanjaan yang menarik, seperti mall, pasar, atau outlet.
  • Liburan bersama orang-orang yang Anda sayangi. Liburan akan lebih menyenangkan jika Anda berbagi pengalaman dan kenangan dengan orang-orang yang Anda sayangi, seperti keluarga, teman, atau pasangan. Anda juga bisa berhemat dengan berbagi biaya transportasi, akomodasi, atau makanan dengan mereka.
  • Nikmati setiap momen liburan Anda. Jangan lupa untuk membawa kamera atau ponsel Anda untuk mengabadikan momen-momen liburan Anda. Anda juga bisa menulis catatan atau jurnal tentang liburan Anda untuk mengingatnya di kemudian hari. Yang terpenting, jangan biarkan masalah atau kekhawatiran mengganggu liburan Anda. Liburan adalah waktu untuk bersantai dan bersenang-senang.

Posting Komentar untuk "Libur nasional dan cuti bersama tahun 2024"