Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Pangan Apa Itu, Bagaimana Sejarahnya, dan manfaatnya?

Teknologi pangan adalah ilmu yang mempelajari cara mengolah, menyimpan, dan mendistribusikan makanan yang aman, bergizi, dan berkualitas. Teknologi pangan juga mencakup pengembangan produk, proses, dan peralatan baru yang dapat meningkatkan efisiensi, kesehatan, dan keberlanjutan industri pangan.


Teknologi Pangan: Apa Itu, Bagaimana Sejarahnya, dan manfaatnya?




Teknologi pangan bukanlah hal yang baru. Sejak zaman prasejarah, manusia telah mencoba berbagai cara untuk mengawetkan makanan, seperti mengeringkan, mengasinkan, menggarami, dan mengasapi. Kemudian, dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia mulai menggunakan metode yang lebih canggih, seperti pengalengan, pembekuan, pasteurisasi, sterilisasi, dan iradiasi.


Teknologi pangan sangat penting bagi kehidupan manusia, karena dapat memberikan berbagai manfaat, antara lain:


- Menjamin ketersediaan dan keamanan pangan. Teknologi pangan dapat membantu memproduksi makanan dalam jumlah yang cukup dan menghindari kerusakan atau kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit atau keracunan.


- Meningkatkan kualitas dan gizi pangan. Teknologi pangan dapat memperkaya makanan dengan vitamin, mineral, protein, serat, dan zat gizi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Teknologi pangan juga dapat mengurangi kandungan lemak, gula, garam, dan bahan kimia berbahaya yang dapat merugikan kesehatan.


- Menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Teknologi pangan dapat mempermudah dan mempercepat proses pengolahan, penyimpanan, dan distribusi makanan, sehingga mengurangi penggunaan sumber daya, energi, dan uang. Teknologi pangan juga dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen, karena makanan dapat disajikan dengan cepat, praktis, dan variatif.


- Mendukung pembangunan dan inovasi. Teknologi pangan dapat memberikan peluang bagi pengembangan industri, ekonomi, dan sosial, karena dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, dan memenuhi kebutuhan dan selera masyarakat. Teknologi pangan juga dapat mendorong penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat menghasilkan produk, proses, dan peralatan baru yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan.



Apa Manfaat dari Teknologi Pangan?


Teknologi pangan adalah sebuah bidang ilmu dan praktik yang berkaitan dengan penggunaan berbagai teknik, pengetahuan, dan inovasi dalam proses produksi, pemrosesan, penyimpanan, dan distribusi makanan. Menurut Dahrul Syah (2011), kebutuhan manusia akan bahan pangan yang sehat, bergizi, dan aman mendorong perlunya pemahaman yang komprehensif dalam ilmu pendukung. Sehingga Ilmu dan Teknologi Pangan diharapkan dapat memainkan peran aktif, dalam membimbing perubahan ini menuju arah yang lebih positif.


Teknologi pangan umumnya mencakup pengembangan metode pengemasan yang tepat, untuk menjaga kualitas dan keamanan makanan. Ini termasuk pengemasan vakum, kemasan aseptik, dan penggunaan bahan pengemas yang sesuai. Penerapan teknologi pangan juga dapat memperhitungkan dampak lingkungan, dari produksi makanan dan mencari cara untuk mengurangi jejak lingkungan, seperti dengan mengurangi limbah dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam.


Berikut adalah beberapa manfaat teknologi pangan dari berbagai sumber:


Keamanan Pangan yang Lebih Baik

Meningkatkan Kreativitas Produsen

Mengawetkan Hasil Pangan

Menghilangkan Kuman Dari Makanan

Meningkatkan Nutrisi Makanan

Lebih Praktis Dalam Menyantap Makanan

Mengurangi Kerugian Sisa Makanan


Dalam ilmu teknologi pangan, kita akan mempelajari sifat fisik, kimia, dan juga mikrobiologis dari suatu bahan pangan. Selain itu, kita juga akan mempelajari proses pengolahan bahan pangan tersebut. Spesialisasi dari ilmu yang satu ini cukup beragam, antara lain pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, pengawetan, dan lainnya.



Posting Komentar untuk " Teknologi Pangan Apa Itu, Bagaimana Sejarahnya, dan manfaatnya?"